Ditutupnya Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Karena Longsor di KM 64, Kepala Dinas PU Sukabumi Siapkan Dua Jalan Alternatif

Ditutupnya Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Karena Longsor di KM 64, Kepala Dinas PU Sukabumi Siapkan Dua Jalan Alternatif

Smallest Font
Largest Font

Sukabumi - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi Dede Rukaya mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan dua alternatif jalan di wilayah Sukabumi Utara yang dapat digunakan oleh pengguna jalan untuk menghindari kemacetan di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor akibat ditutupnya Jalan Tol Bocimi Seksi 2 karena terjadi longsor di KM 64 pada Rabu 3 April 2024 lalu.

Dua alternatif jalan tersebut, ia pastikan telah siap digunakan. Pertama, adalah jalur Alternatif Cicurug melalui ruas Jalan Tenjoayu-Purwasari-Warungceuri, yang mendapatkan penanganan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

Kemudian yang kedua, jalur alternatif Cibadak melalui ruas Jalan Cibadak-Nagrak-Jelegong-Cikolawing-Karangtengah, yang mendapatkan perbaikan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BBPJN atau Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional khusus menangani jalan non Tol atau arteri DKI Jabar dengan total panjang 1,7 kilometer.

"Proses persiapan dilakukan secara maraton, dimulai dari hari Jumat dengan rapat koordinasi melalui zoom, dilanjutkan dengan survei lapangan pada hari Sabtu, rapat pemantapan, dan langsung melakukan perbaikan jalan pada Sabtu malam untuk alternatif Cibadak,"kata Dede dalam pesan singkat kepada sukabumiupdate.com, Minggu (7/4/2024).

Dede juga menjelaskan bahwa Jalur alternatif Cibadak menjadi perhatian khusus Menteri PUPR, sehingga penanganan yang dilakukan saat ini masih bersifat sementara. Rencananya, setelah liburan Idulfitri, akan dilakukan penanganan lebih lanjut setelah menerima dokumen perencanaan dari pihak Balai.

"Rencana perbaikan ruas sepanjang 1,7 kilometer nantinya akan dilakukan overlay, dengan usulan dua lapis serta penanganan drainase yang menjadi penyebab kerusakan jalan," tuturnya.

Lebih lanjut, Dede menyatakan bahwa berdasarkan informasi dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Wilayah III Cicurug, perbaikan pada Jalur Alternatif Cicurug telah selesai dilakukan hari ini.

"Iya, informasi dari UPTD Wilayah Cicurug hari ini selesai," pungkasnya.

Sumber FB Dinas PU Kab Sukabumi

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow