Siswa Tehnik Sepeda Motor SMK YASMI selengarakan kunjungan industri ke PT Astra Honda Motor Cikarang

Siswa Tehnik Sepeda Motor SMK YASMI selengarakan kunjungan industri ke PT Astra Honda Motor Cikarang

Smallest Font
Largest Font

NKRIKItaNews - Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Plus Miftahul Ihsan Cilograng laksanakan Kunjungan Industri ke PT Astra Honda Motor (AHM) Cikarang Bekasi, Selasa, 30 Juli 2024. Dalam kegiatan kali ini diikuti oleh 63 siswa yang terdiri dari kelas XI dan XII serta didampingi oleh 4 orang guru pendamping termasuk satu orang Kaprog.

Erpan Permadi Saputra, selaku Kaprog ketika dihubungi nkrikitanews.com mengatakan bahwa beberapa tujuan dengan diselenggakannya kegiatan kali ini adalah diantaranya Memberikan siswa pemahaman praktis tentang bagaimana teori yang mereka pelajari di kelas diterapkan di dunia industri nyata. Memperkenalkan siswa pada lingkungan kerja nyata, sehingga mereka dapat melihat dan memahami dinamika, budaya, dan proses kerja di industri. Membantu siswa mengembangkan keterampilan teknis yang relevan dengan bidang studi mereka, yang mungkin tidak sepenuhnya diperoleh dari pembelajaran di kelas.

"Selain itu juga siswa dalam kunjungan kali ini kita berharap siswa mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menunjukkan relevansi dan aplikasi praktis dari apa yang mereka pelajari di sekolah. Memperkenalkan siswa pada teknologi terbaru dan inovasi di industri, sehingga mereka tetap up-to-date dengan perkembangan terkini di bidang mereka" Tambahnya.

Sementara itu, Ony setiawan, Vocation Officer  PT Astra Honda Motor, dalam paparannya ketika menyambut kedatangan rombongan kunjungan industri SMK Yasmi Cilograng mengatakan bahwa dirinya sangat apresiatif sekali atas kunjungan siswa SMK Yasmi kali ini, dirinya berharap setelah kunjungan kali ini siswa bisa lebih mengenal apa itu industri otomotif khususnya sepeda motor Honda. 
Pada kesempatan ini juga siswa SMK Yasmi berkesempatan untuk melihat sejarah perkembangan industri sepeda motor honda serta progress pencapaian dan prestasi selama Astra Honda Motor berdiri yang ditampilkan pada video presestasi di Aula Serba Guna PT Astra Honda Motor.

"Sejak pertama kali hadir di Indonesia, sepeda motor Honda selalu dicintai dan dipercaya menjadi partner berkendara masyarakat. Berbekal kepercayaan ini, PT Astra Honda Motor secara konsisten melakukan inovasi pada produk dan teknologinya, terus meningkatkan layanan di jaringan penjualan dan purna jual Honda, serta intens beraktivitas dan berkomunikasi dengan masyarakat melalui berbagai platform" Jelasnya

Selanjutnya kemudian, rombongan siswa SMK Yasmi Cilograng dibawa berkeliling untuk melihat langsung perakitan Sepeda Honda mulai dari mempersiapkan Komponen-komponen ini mencakup mesin, rangka, roda, sistem kelistrikan, dan berbagai bagian lainnya hingga dilakukan pengujian menyeluruh untuk memastikan semua sistem bekerja dengan baik. Pengujian meliputi uji mesin, sistem kelistrikan, sistem pengereman, dan uji jalan. Inspeksi kualitas juga dilakukan untuk memastikan tidak ada cacat atau kesalahan dalam perakitan.

Salah satu peserta kunjungan industri dari kelas XI Indri Silvia Sahro yang merupakan satu-satunya siswa perempuan dari jurusan Tehnik Sepeda Motor, mengatakan bahwa dirinya sangat kagum sekali dengan tehnologi dari Astra Honda Motor dalam proses produksinya yang dia dan teman-temanya lihat secara langsung. Dia dan temanya berkesempatan berkeliling melihat proses produksi sepeda motor dari mulai persiapan komponen sampai proses inspeksi akahir yang selama ini hanya bisa dia baca dari buku yang ada disekolah.

"Banyak hal yang kita dapatkan dari kegiatan kunjungan industri kali ini, selain kita bisa melihat proses produksi secara langsung, kita juga berkesempatan untuk diskusi dengan Pak Ony setiawan, Vocation Officer PT Astra Honda Motor, kita bisa bertanya langsung dan dengan gamblang dan rinci pak Gunardi menjawab semua pertanyaan kita, salah satu point penting yang bisa kami simpulkan adalah bagaimana disiplin kerja yang merupakan salah tolak ukur keberhasilan Astra Honda Motor bisa bertahan di industri otomotif sepeda motor"  Pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
andy Author

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow